jump to navigation

Terwujudnya Kabupaten Nias Barat, Trennya Bisa Cepat ? 15/04/2008

Posted by Moderator in Pemekaran Nias.
trackback

Jakarta (Fokus Nias)

Melihat tren kegiatan yang dilakukan DPR RI, DPD RI, Pemerintah/Departemen Dalam Negeri belakangan ini terhadap proses pembentukan kabupaten Nias Barat arahnya sudah positip dan bisa hasilnya diluar dugaan kebanyakan orang (Nias Barat jadi Kabupaten) demikian pengamatan beberapa generasi muda Nias Barat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Generasi Muda  (FOSINEMA) Nias Barat di Jakarta baru-baru ini.

Coba kita cermati satu persatu kegiatan yang sudah, sedang dan akan dilakukan utk pembentukan suatu daerah otonomi sesuai PP 129 tahun 2000, tidak mesti berurut tahapannya.

SESUAI DENGAN PP 129 TAHUN 2000 MAKA TAHAPAN PEMBENTUKAN KABUPATEN DAN KOTA DI NIAS YANG SUDAH, SEDANG DAN AKAN DITEMPUH UNTUK DIPROSES ADALAH :

  1. Presiden Mengeluarkan Amanat Presiden (Ampres) —> SUDAH
  2. Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah memproses Pembentukan Kabupaten dan Kota di Nias. —-> SEDANG BERLANGSUNG
  3. Mendagri menugaskan Tim untuk melakukan observasi ke Daerah calon Kabupaten dan Kota di Nias. —–> SUDAH 14-16 FEB LALU
  4. Menugaskan Tim Teknis Sekretariat Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah ke Daerah calon Kabupaten dan Kota di Nias untuk melakukan penelitian lebih lanjut. —-> BELUM TAPI BISA SECARA DIAM-DIAM DILAKUKAN.
  5. Tim DDN melaporkan hasil observasinya di calon Kabupaten dan Kota di Nias kepada mendagri. ——> BELUM TAPI BISA SECARA DIAM-DIAM DILAKUKAN.
  6. Tim Teknis Sekretariat Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah yang ke Daerah calon kabupaten dan Kota di Nias memaparkan hasil penelitiannya kepada para Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah. ——>BELUM TAPI BISA SECARA DIAM-DIAM DILAKUKAN.
  7. Para anggota Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah memberikan saran dan pendapat secara tertulis kepada Ketua Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah mengenai calon Kabupaten dan Kota di Nias. —–> BELUM TAPI BISA SECARA DIAM-DIAM DILAKUKAN.
  8.  Rapatanggota Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah menyetujui usul pembentukan Daerah calon Kabupaten dan Kota di Nias. —> BELUM, SEDANG DI NIAS
  9. Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah selaku Ketua Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah mengajukan usul pembentukan Daerah calon Kabupaten dan Kota di Nias beserta Rancangan Undang-undang Pembentukan Daerah Kabupaten dan Kota di Nias kepada Presiden. —–> BELUM TAPI BISA SECARA DIAM-DIAM DILAKUKAN.
  10. Presiden menyetujui RUU Kabupaten dan Kota di Nias.—–> BELUM TAPI BISA SECARA DIAM-DIAM DILAKUKAN.
  11. Pemerintah mengirim RUU Kabupaten dan Kota di Nias kepada DPR RI. —–> BELUM TAPI BISA SECARA DIAM-DIAM DILAKUKAN.
  12. DPR-RI untuk menyetujui UU Pembentukan Kabupaten dan Kota di Nias. —–> BELUM, DITUNDA AKAN DILAKSANAKAN 6 MARET 2008
  13. Presiden melalui Gubernur Sumut melantik PLT Bupati/Wali Kota di Nias. —–> BELUM

Komentar»

1. Gunawan Zalukhu - 15/04/2008

Yahowu
Saya sangat setuju persiapan tersebut diatas.
Kalau bisa Pemkab Nias dengan Panitia Badan Persiapan Pembentukan Kanisbar dan elemen masyarakat lainnya mendiskusikan bagaimana agar hal-hal tersebut diatas bisa diwujudkan.

Terima kasih

2. Edwar Maruao - 19/04/2008

Terima kasih atas dimuatnya berita ini sehingga kita tau apa yang diperlukan.

Kalau tak ada orang yang mendesak ke Pemda dan DPRD Nias pasti tak akan diurus oleh petinggi-petinggi itu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: