jump to navigation

Nias Bagian Barat Sangat Tepat Untuk Pengamatan Hilal 22/04/2008

Posted by Moderator in Pendidikan.
trackback

Nias (Fokus Nias)

Dari komunikasi yang dilakukan oleh pak AR AR Sugeng Riyadi  di Solo dan Pak Noviar di Nias dalam komunitas rukyatulhilal · RUKYATUL HILAL INDONESIA (RHI), Maka sangat jelas bahwa di pantai Barat pulau Nias merupakan lokasi yang sangat tepat untuk mengamati hilal guna menentukan tanggal yang tepat. Berikut adalah isi percakapan mereka.

Bismillah:

Pak Noviar, di posisi koordinat Nias berapa ya..? Kalau Pantai pulau Nias (1° N, 97° 25′ E, elev=9 m, gmt+7), perhitungan StarryNight DD:

1. Hilal Tua R.Akhir 1429 H, pada tgl 4 Mei mudah lihatnya sebab alt 8°50′ saat sunrise; dan pada tgl 5 Mei 5°20′ @ sunrise; serta pada tgl
6 Mei alt 1°30′ @ sunrise dan bulan sudah pindah ke sebelah utara matahari;

2. Hilal Muda Jumadal Ulaa 1429 H, pada tgl 5 Mei 2008 sulit sebab alt 1°53′ @ sunset, lalu tgl 6 Mei 2008 mudah sekali kalau cerah sebab alt
12°59′ @ sunset dan bulan sudah pindah ke sebelah selatan matahari. Selamat mengobservasi, dan jangan lupa diabadikan…walau masih lama.

Salam,
AlHamdulillah

Pak AR AR Sugeng Riyadi  di Solo

Hilal akhir Rabiul Awal 1429 H (SEEN)

Hilal bulan depan di Nias
Asslkm Pak AR
 
Sesuai tugas sy, sy cenderung tidak menetap di satu lokasi selama bertugas di Nias.
Pantai & perbukitan di Nias, khususnya di Nias sebelah Barat, sangat bagus untuk pengamatan Hilal, apalagi pantainya menghadap laut lepas samudra hindia. Tapi, ya itu, pantainya melekuk-lekuk karena banyak teluk dan belum tentu pantainya sudah dapat terjangkau dengan mudah dan terkadang juga terkendala obstacle contohnya di ujung teluk ternyata ada pohon kelapa yg rimbun dan menjulang tinggi +-20 meteran.
 
Sy masih mencari lokasi-lokasi yang paling baik untuk pengamatan hilal, baik dari sisi pencapaian, strategis dan minim obstacle.
Dari beberapa tempat yg sy telah amati, salah satunya adalah di kecamatan Lolomatua, N.00,93083′ E097,64144, EL: 650m dpl. Adanya di puncak bukit terbuka. Obstacle 15%, tapi tampaknya masih memungkin kan melihat garis pantai pada jarak +- 10km. Pada Azimut 255-280 relatif clear dari obstacle. Sy merekomendasikan tempat ini, karena berada pd jarak 200 meter dari camp tempat kami menginap.
 
Ada satu tempat yang saya pikir juga baik malah sangat baik, lokasi nya seperti puncak, tapi menghadap ke pantai. Obstacle 5%. Malah berada di jalan raya antara Teluk Dalam dengan kecamatan Lolowa’u. Sayang nya lokasinya berada 2 jam perjalanan dari kota Teluk dalam terlalu jauh dari tempat bertugas. Selain itu, jalannya itu lho pak, rusak berat. Sy tidak mudah untuk mencapai, selain harus mempersiapkan /pinjam kendaraan kantor krn tidak ada yg namanya angkot di nias ini.
 
Demikian pak, semoga info ini bermanfaat.
Jumat 11 April 2008
 
salam dari Nias
noviar

Komentar»

1. Ahmad Subagja - 22/04/2008

Ass Wr.Wb
Hebat ya sampai RUKYATUL HILAL INDONESIA (RHI) menjangkau pantai barat Nias guna ketepatan pengamatannya.

Saya usul mendingan diangun aja disana tempat telescope agar setiap saat dibutuhkan posisi hilal bisa dengan segera didapatkan.

Salam

Ahmad Subagja
Makasar-Sulsel
email : abagja@yahoo.co.id

2. Herman Larosa - 24/04/2008

Di Nias itu sudah banyak sekali orang luar daerah yang berliaran apakah orang yang bekerja di BRR, orang yang jualan door to door juga banyak disana. Makanya Bupati sempat mengedarkan surat beberapa tahun lalu untuk hati-hati terhadap orang asing yang tidak dikenal, pada waktu itu banyak pembunuhan terjadi di Nias.

karena transportasi laut dari Sibolga sudah lancar dan jalan-jalan ke pedalaman sudah lancar sehingga orang dengan gampang bisa menjangkau daerah mana saja di Nias.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: